Makalah Kepemimpinan dan Organisasi Pendidikan
Kepemimpinan dan Organisasi Pendidikan
PEMBAHASAN
A.
Pengertian Kepemimpinan
dan Organisasi Pendidikan
1.
Pengertian
Kepemimpinan
T Hani Handoko mengartikan kepemimpinan sebagai kemampuan yang
dipunyai seseorang untuk memepengaruhi orang-orang lain agar bekerja mencapai
tujuan dan sasaran.[1]
Sementara
Soewarno Handoyo Ningrat menyebut kepemimpinan sebagai suatu proses dimana
pimpinan digambarkan akan memberi perintah atau pengarahan, bimbingan atau
mempengaruhi pekerjaan orang lain dalam memilih dan mencapai tujuan yang telah
ditetapkan.[2]
Sedang John
Pfiffner, sebagaimana dikutip oleh Thalib Kasan, mendefinisikan kepemimpinan
sebagai the art of coordinating and motivating individual and group to achieve
to desert end, yang artinya bahwa kepemimpinan adalah seni untuk mengkoordinasi
dan memotivasi terhadap individu atau kelompok untuk mencapai tujuan yang
diinginkan.[3]
Dari
pendapat-pendapat tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa kepemimpinan merupakan
proses mempengaruhi kegiatan-kegiatan seseorang atau kelompok dalam usahanya
mencapai tujuan didalam situasi tertentu. Sementara seorang pemimpin adalah
orang yang mampu mempengaruhi atau menggerakkan seseorang untuk mencapai tujuan
yang ingin dicapai.
Dari pengertian
tersebut, dapat ditarik garis bahwa kepemimpinan atau leadership mengandung
tiga pengertian pokok, yaitu:
Pertama,
kepemimpinan menyangkut orang lain sebagai bawahan atau pengikut yang siap
menerima arahan. Tanpa bawahan, semua kualitas seorang manajer tidak relevan.
Kedua,
kepemimpinan berkaitan dengan pembagian kekuasaan yang tidak seimbang antara
seorang pemimpin dengan anggota kelompok.Pemimpin memiliki kewenangan
mengarahkan anggotanya, sedang anggota tidak punya hak mengarahkan pemimpin
secara langsung.
Ketiga,
kepemimpinan berkaitan dengan pengaruh.
Seorang pemimpin tidak hanya memiliki kekuasaan untuk memerintah saja, namun
juga dituntut untuk bisa mempengaruhi bawahanny. Sehingga dengan pengaruhnya,
semua tujuan mudah tercapai.[4]
2.
Pengertian
Organisasi Pendidikan
Organisasi
didefinisikan secara beragam oleh berbagai ahli, di antaranya:
Gibson,
Ivancevich, dan Donnelly mendefinisikan organisasi sebagai “wadah yang
memungkinkan masyarakat dapat meraih hasil yang sebelumnya tidak dapat dicapai
oleh individu secara sendiri-sendiri”.lebih lanjut ketiganya menyebutkan bahwa
organisasi adalah suatu unit terkoordinasi terdiri setidaknya dua orang
berfungsi mencapai suatu sasaran tertentu atau serangkaian sasaran. Definisi
ini menekankan pada upaya peningkatan pencapaian tujuan bersama secara lebih
efektif dan efisien melalui koordinasi antar unit organisasi.
Stephen
P.Robbins mendefinisikan organisasi: “Kesatuan (entity) sosial yang
dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat
didefinisikan, yang bekerja atas dasar yang relatif, dalam mencapai suatu
tujuan bersama atau sekelompok tujuan”.
Kemudian
pengertian pendidikan menurut Marimba (1989: 19) adalah bimbingan atau pimpinan
secara sadar oleh pendidik terhadap perkembangan jasmani dan ruhani anak didik
menuju terbentuknya kepribadian yang utama.
Dari
beberapa definisi diatas dapat kita simpulkan bahwa organisasi pendidikan
adalah suatu sistem interaksi antar
orang yang ditujukan untuk mencapai tujuan organisasi pendidikan , dimana
sistem tersebut memberikan arahan perilaku bagi anggota organisasi.[5]
BAB III
ANALISIS
A.
Tipilogi Kepemimpinan
Konsep seorang
pemimpin pendidikan tentang kepemimpinan dan kekuasaaan yang memproyeksikan
diri dalam bentuk sikap kepemimpinan, sifat dan kegiatan yang dikembangkan
dalam lembaga pendidikan yang akan dipimpinnya sehingga akan mempengaruhi kualitas hasil kerja yang akan dicapai oleh
lembaga pendidikan tersebut.
FULL MAKALAH
MAKALAH MENARIK LAINNYA
[1] T.Hani Handoko. Manajemen.( Yogyakarta: BPFE. 1986), hlm.
294
[2] Soewarno Handoyo Ningrat, Pengantar Ilmu
Studi Administrasi dan Manajemen. (Jakarta : CV. Haji Masagung.1980), hlm.
64
[4] Ibid.,
hlm.137
Comments
Post a Comment